Indahcahyati’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Knowledge Management at Northrop Grumman September 16, 2008

Filed under: Information System — indahcahyati @ 2:58 am

Northrop Grumman Air Combat System (ACS) adalah sebuah perusahaan kontraktor B-2 stealth bomber (sejenis aircraft) yang produksinya terancam di penghujung tahun 90-an. Hal ini merupakan dampak dari berakhirnya perang dingin yang menyebabkan kemunduran industri di bidang keamanan. Dari tahun ke tahun ACS hampir kehilangan kemampuan dan pengetahuan yang mendukung pembuatan dan perawatan mesin-mesin hasil produksinya akibat semakin berkurangnya karyawan yang memahami bidang tersebut. Untuk itu, ACS institude knowledge management procedures mendesain sebuah program untuk mengumpulkan pengetahuan (yang disebut dengan tacit knowledge) dan mencari tahu penyebab mengapa pengalaman dan pengetahuan para karyawan tidak dapat disalurkan/dibagikan kepada karyawan lain (dengan kata lain pengetahuan dan pengalaman itu terkunci di kepala karyawan).

Pada tahun 1999, Project Manager Scott Shaffar mulai menyelidiki penyebab kemacetan aliran pengetahuan tersebut. Meskipun sulit dilakukan namun ia tetap yakin jika hal ini berhasil, perusahaan akan mendapatkan informasi untuk merancang program yang berkaitan dengan Knowledge Management dan menyediakan teknologi untuk memfasilitasinya. Jadi ia memutuskan untuk mendirikan knowledge audit dan melakukan survey tentang kebiasaan karyawan dalam tranfer ilmu mereka ke rekan-rekan mereka. Ia juga meminta Boston-based Delphi Group untuk mengadakan audit dan mengambil dasar-dasar dari kebiasaan transfer pengetahuan di ACS.

Setelah program Knowledge Management di ACS berakhir, tinggallah 10 orang KM untuk mengidentifikasi inti dari knowledge dan merumuskan bagian dari ilmu tersebut. Setelah mendapatkan kira-kira 100 bagian ilmu dan mengidentifikasi 200 inti darinya, tim KM membuat website untuk masing-masing bagian dari ilmu tersebut dan memberikan informasi tentangnya melalui suatu sistem yang dinamakan Xref. Dengan menggunakan Xref, karyawan dapat mencari informasi yang dibutuhkan, termasuk nama karyawan, afiliasi, atau keahlian mereka.

 

2 Responses to “Knowledge Management at Northrop Grumman”

  1. rentarobasa Says:

    Set dah…banyak bener bu penjelasannya…

    tapi ok kok..buar kita2 pada paham…

    “betul tidak…??” (dgn gaya nanya nya AA Gym,,hehe)

  2. damayantisimangunsong Says:

    cebokkk
    tulisannya bagus,,,niat neh ye,,
    kenapa bawa2 nama qq sehh??
    ge dong
    hehehe


Leave a comment